cover
Contact Name
Andhy Surya Hapsara
Contact Email
jurnalideguru@gmail.com
Phone
+628984400401
Journal Mail Official
jurnalideguru@gmail.com
Editorial Address
SMA Negeri 7 Yogyakarta, Jl. M.T. Haryono 47 Yogyakarta 55141
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru
ISSN : 25275712     EISSN : 27222195     DOI : https://doi.org/10.51169/ideguru
Core Subject : Education,
"Ideguru" means the overall thought conducted by teachers, in the form of classroom action research as well as scientific papers. The vision of Ideguru is to be one of the main references for teachers in planning, implementing and evaluating learning inovation in Yogyakarta Special Province (DIY), Indonesia. The mission of Ideguru is becoming a media for actualization and dissemination of scientific works for teachers in the region of DIY in particular and Indonesia in general.
Articles 15 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022" : 15 Documents clear
Upaya meningkatkan Eksplorasi Karier Siswa melalui Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Daring Fuad Aminur Rahman
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (971.721 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.366

Abstract

Penelitian ini adalah sebagai upaya untuk memberikan gambaran dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis daring dalam meningkatkan eksplorasi karier peserta didik. Jenis ataupun desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK), yang terdiri dari II (dua) siklus, dimana setiap siklus terdiri dari II (dua) kali kegiatan. Kemudian teknik pengumpulan data menggunakan dua instrumen yakni lembar observasi dan tes pemahaman, kemudian dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif berbasis komputer berbantuan Microsoft Excel 2016. Subjek penelitian ini adalah 25 siswa kelas XI MIPA 1 di SMAN 1 Cihara. Instrumen penelitian berupa lembar observasi yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya serta observasi untuk mengetahui aktivitas dan antusias siswa selama pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis dalam jaringan (daring). Sehingga dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil observasi pelaksanaan layanan bimbingan klasikal berbasis daring mengenai eksplorasi karier yang telah dilakukan menunjukkan adanya kenaikan skor dari yang semula pada pertemuan pertama pada siklus I untuk rata-rata skor aktivitas yakni 31,2 poin dan pertemuan ke empat pada siklus ke II menjadi 52,4 sehingga masuk kategori baik. Dan untuk pada pertemuan pertama pada siklus I untuk rata-rata skor antusias yakni 30,4 poin dan pertemuan keempat pada siklus ke II menjadi 52,8 sehingga masuk kategori baik. Berdasarkan data hasil tes pemahaman eksplorasi karier, dapat diartikan bahwa terjadi kenaikan skor pemahaman eksplorasi karier saat siklus I ke siklus II yaitu 5 poin sehingga adanya peningkatan eksplorasi karier siswa kelas XI MIPA 1 SMAN 1 Cihara tahun pelajaran 2021/2022.
Implementasi Pembelajaran Bermakna dengan Materi Menentukan Status Gizi pada Pembelajaran Daring Ilmu Gizi Heni Purwanti; Nani Nurwati
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.377

Abstract

Pembelajaran bermakna merupakan salah satu inovasi pembelajaran yang diharapkan dapat menekan rasa jenuh pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengimplementasi pembelajaran bermakna menggunakan media daring pada pembelajaran Ilmu Gizi kelas X Kuliner 1 di SMK Negeri 4 Yogyakarta, dengan materi menentukan status gizi remaja. Dalam pembelajaran Ilmu Gizi, menentukan status gizi merupakan salah satu materi yang dipelajari untuk mengenal kondisi tubuh, terutama kondisi tubuh individu siswa. Pembelajaran bermakna yang dilakukan kali ini adalah menentukan status gizi siswa dengan menghitung IMT melalui daring. Berdasarkan pengamatan terhadap proses pembelajaran, menunjukkan bahwa saat pembelajaran bermakna berlangsung, diawal pembelajaran siswa tampak kurang antusias mengikuti pembelajaran, dibuktikan dengan kurangnya aktivitas bertanya jawab melalui WhatsApp group. Antusias siswa baru terlihat saat siswa diberikan tugas menimbang badan dan mengukur tinggi badan dan saat mengerjakan tugas menghitung imt dan menentukan status gizi masing-masing. Beberapa siswa memberi respon dengan bertanya melalui WhatsApp group, bahkan sebagian siswa terlihat resah saat mengetahui status gizi kekurangan ataupun kelebihan berat badan. Pembelajaran di akhiri dengan pengumpulan tugas siswa dengan hasil baik dan tepat waktu.
Penerapan Cognitive Behavioral Therapy Disertai Model GI untuk Mengatasi Student Burnout pada Pelajaran Fisika Hartini Dewi
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.379

Abstract

Kelelahan peserta didik yang terdeteksi oleh Instrumen Maslach Burnout Inventory menunjukkan bahwa di kelas XII Lintas Minat fisika di sekolah berbasis SKS terdeteksi ada 4 orang yang positif terapapar syndrome student burnout. Untuk mengatasinya guru selaku peneliti menerapkan metode cognitife behavioural therapy dengan disertai model belajar group investigasi. Model belajar ini dipilih dengan maksud agar student burnout merasa aman dan nyaman dalam kelompok belajar sesuai dengan model yang dimaksud, disamping menumbuhkan prilaku positif dalam terapi mengembangkan kognitif student burnout. Prilaku positif dalam belajar menginvestigasi sebuah permasalahan dalam belajar fisika diharapkan student burnout terlatih menumbuhkan prilaku dalam rangka menerapi kelelahan yang mereka alami. Tujuan Penelitian pertama untuk mengetahui besar persentase penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI pada kelas XII Lintas Minat Fisika. Kedua untuk mengetahui besar persentase ketuntasan belajar fisika pada kelas XII Lintas Minat fisika di semester enam 2022. Ketiga untuk mengetahui besar persentase kesuksesan student burnout dalam penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI. Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan penelitian dan pengembangan level dua. Besar persentase penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI pada kelas XII Lintas Minat Fisika adalah 98%. Besar persentase ketuntasan belajar fisika pada kelas XII Lintas Minat fisika di semester enam tahun 2021-2022 adalah 100%. Besar persentase mengatasi student burnout dalam penerapan cognitife behavioural therapy disertai model GI adalah 100%.
Pengembangan Media Pembelajaran Audiovisual Berbasis Masalah Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Etyk Widjajanti Soedarnadi; Dwi Sulisworo
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran audiovisual berbasis masalah berbantuan Google Classroom yang valid, praktis, dan efektif dengan materi pertidaksamaan rasional dan irasional dalam rangka meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X MIPA 5 SMA Negeri 6 Yogyakarta di semester ganjil tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi tes, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Temuan menunjukkan bahwa audiovisual memenuhi persyaratan yang sangat baik untuk kualitas materi dan media berdasarkan evaluasi ahli dan penilaian. Selain itu, hasil kelompok kecil dan kelompok uji lapangan menunjukkan bahwa nilai dan standar audiovisual yang tinggi. Kegunaan audiovisual dinilai saat ini menggunakan uji lapangan, yang menunjukkan bahwa ada perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa antara nilai rata-rata pada pretest dan posttest setelah penggunaan audiovisual. Selain itu, kemampuan berpikir kritis siswa tumbuh 55,25 persen dengan kriteria sedang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa audiovisual berbasis masalah berbantuan google classroom dapat meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kritis.
Peningkatan Kompetensi Menulis Teks Laporan Bahasa Indonesia melalui Media Gambar Seri bagi Peserta Didik Tunarungu Sudarmi Sudarmi
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.391

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi menulis teks laporan pada peserta didik tunarungu menggunakan media gambar seri. Subjek penelitian adalah 3 peserta didik kelas VI SDLB/B di SLB Bhakti Pertiwi. Kompetensi yang ditingkatkan adalah menulis teks laporan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan materi teks laporan tentang energi alternatif bio-solar dari kelapa sawit. Pada setiap pertemuan dilakukan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data terdiri dari observasi aktivitas belajar peserta didik dan tes kompetensi menulis teks laporan. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri telah terbukti dapat meningkatkan kompetensi menulis teks laporan peserta didik tunarungu kelas VI SDLB/B di SLB Bhakti Pertiwi. Hal ini dapat ditinjau dari perolehan data yakni pada pra siklus diperoleh nilai 56,6, selanjutnya meningkat menjadi 69 pada siklus I dan meningkat menjadi 84 pada siklus II. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pada siklus II sudah mencapai indikator keberhasilan tindakan yang telah ditentukan yakni sebesar 75. Berdasarkan data yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa media gambar seri membuat peserta didik lebih aktif, partisipatif dan dapat meningkatkan kompetensi menulis teks laporan.
Model Pembelajaran Multisensori bagi Anak Disleksia, Efektif?: Tinjauan Sistematis
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (978.624 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.392

Abstract

Pendidikan merupakan hak yang dimiliki oleh setiap warga negara, bahkan anak yang berkebutuhan khusus pun sudah diatur pendidikannya oleh negara. Berdasarkan undang-undang tersebut anak akan mendapatkan pendidikan yang bermutu dengan cara belajar, membaca merupakan proses dalam belajar. Bagi anak-anak yang menyandang disleksia tentunya akan kesulitan menjalankan proses ini, dimana anak disleksia sulit untuk mengenal huruf, angka dan tanda baca disebabkan gangguan neurologis pada sistem sarafnya. Oleh karena itu dibutuhkan model pembelajaran yang efektif untuk membantu proses belajar anak disleksia dalam membaca. Tujuan review artikel ini adalah untuk mengkaji artikel ilmiah yang membahas metode pembelajaran yang efektif bagi anak disleksia. Metode yang digunakan adalah metode kajian pustaka dengan sumber referensi diperoleh dari program Publish or Perish 7 yang terindeks google scholar. Kriteria artikel yang digunakan sebagai referensi adalah jurnal yang dipublikasikan 5 tahun terakhir dari tahun 2017-2021. Hasil dari review artikel yang dipilih menyatakan bahwa metode multisensori dapat diterapkan sebagai metode pembelajaran bagi anak yang menyandang disleksia, dengan mengoptimalkan seluruh fungsi sensorik yang dimiliki anak yaitu visual, auditori, kinestetik, dan taktil. Penerapan metode multisensori dianggap efektif untuk membantu anak disleksia dalam proses belajar khususnya membaca dan menulis, dengan demikian diharapkan metode ini dapat meningkatkan prestasi belajar bagi anak disleksia.
Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X KKO di SMA Negeri 1 Sewon Rochimah Aryati Putri; Sri Hartini; Agungbudiprabowo Agungbudiprabowo; Rini Siswanti
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (951.102 KB) | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran dan strategi guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa Kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 1 Sewon. Data menunjukkan bahwa selama satu tahun terakhir prestasi siswa KKO memperoleh prestasi 1 kejuaraan tingkat internasional, 4 tingkat nasional dan 2 tingkat regional, hal tersebut menunjukkan motivasi yang tinggi dalam bertanding disuatu kejuaraan dan belajar dilingkungan sekolah. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai peran guru Bimbingan dan Konseling dalam meningkatkan motivasi belajar pada siswa. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah 1 guru Bimbingan dan Konseling, 1 wali kelas dan 4 siswa KKO. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Data penelitian dianalisis menggunakan tiga langkah yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing atau verivication. Hasil dari penelitian adalah : 1) melaksanakan layanan sesuai dengan empat layanan dasar yaitu: layanan dasar, layanan responsive, layanan perencanaan individual dan dukungan sistem; 2) melaksanakan layanan bimbingan dengan topik yang mendukung motivasi belajar melalui teknik yang menarik; 3) memberikan layanan konseling kelompok maupun individu utnuk membantu memecahkan masalah; 4) melaksanakan layanan informasi studi lanjut yang sesuai dengan bidang; 5) melaksanakan kolaborasi dengan guru mata pelajaran dan wali kelas; dan 6) menjadi guru yang bersikap tegas namun tetap membuat nyaman peserta didik.
Menulis Bentuk Passé Composé Menggunakan Padlet Berbasis Project Based Learning Nauli Trisnainy Siregar
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.409

Abstract

Menulis merupakan salah satu kompetensi berbahasa, namun demikian peserta didik mengalami kesulitan saat menulis dalam bentuk Passé Composé. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kompetensi ketrampilan menulis bentuk Passé Composé, serta untuk mengetahui penerapan penggunaan Padlet berbasis model pembelajaran proyek pada pembelajaran ketrampilan menulis bentuk Passé Composé. Penelitian tindakan dilaksanakan pada semester 2 tahun pelajaran 2020/2021. Subjek penerima tindakan adalah peserta didik kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kalasan. Data dikumpulkan melalui tes, non tes, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode penskoran dan kriteria keberhasilan. Hasil penelitian setelah diberi tindakan berupa pembelajaran menulis menggunakan Padlet secara berkelompok menunjukkan adanya peningkatan partisipasi dan hasil belajar peserta didik pada ketrampilan menulis bentuk Passé Composé. Partisipasi peserta didik meningkat dari 33,33% pada Siklus I menjadi 97,22% pada Siklus II, sedangkan hasil belajar meningkat dari 24,99% menjadi 88,56% pada Siklus II. Dari hasil penelitian tindakan ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Padlet dengan model pembelajaran proyek secara berkelompok dapat meningkatkan kompetensi ketrampilan menulis bentuk Passé Composé.
Pengembangan Desain Pembelajaran Fisika Menggunakan Learning Management System Berbasis Moodle Berbantuan Grup Whatsapp
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.410

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital dan kondisi dunia yang sedang mengalami pandemi Covid-19 berimbas pada keberlangsungan pendidikan di semua jenjang sehingga pembelajaran yang semula tatap muka menjadi Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan peserta didik terhadap pengembangan desain pembelajaran Fisika menggunakan LMS (Learning Management System) berbasis Moodle berbantuan grup Whatsapp pada pokok bahasan Impuls, Momentum, dan Hukum Kekekalan Momentum di kelas X SMKN 2 Yogyakarta. Metode penelitian Research and Development (R&D) digunakan untuk mengetahui efektifitas produk desain pembelajaran ketika diterapkan dalam PJJ. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata lebih dari 70% peserta didik memberikan tanggapan baik terhadap aspek penggunaan software, isi penyajian, dan tampilan LMS. Dapat ditunjukkan pula peningkatan hasil belajar peserta didik yang berkaitan dengan pemahaman konsep melalui metode drilling (pengulangan) pada kegiatan penilaian atau quiz. Perbaikan tampilan muka, memaksimalkan penggunaan fitur-fitur di elearning, membuat/memilih bahan ajar/sumber belajar yang menarik, menyusun urutan materi secara konsisten, memberikan kesempatan peserta didik untuk memaksimalkan upaya memperbaiki hasil belajar, memperbanyak interaksi guru dan peserta didik sebagai bentuk kehadiran sosial melalui grup Whatsapp, serta sikap tegas guru dalam mendisiplinkan peserta didik merupakan faktor penting dalam keberhasilan PJJ.
Perasaan Kesepian (Loneliness) Siswa SMP di Wilayah DIY dan Jawa Tengah pada Masa Pandemi Covid-19 Wahid Aditiono; Dody Hartanto; Mufied Fauziah; Kuswindarti Kuswindarti
Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru Vol 7 No 3 (2022): Edisi September 2022
Publisher : Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.51169/ideguru.v7i3.411

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengukur tingkat kesepian (loneliness) siswa di masa pandemi dan post pandemi COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survei. Penelitian dilakukan dengan menyebarkan google form skala likert tentang loneliness yang kemudian hasil dari data tersebut dianalisis secara persentase. Penelitian ini dilakukan pada rentan waktu April sampai Juni tahun 2022. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik di berbagai daerah di Indonesia khususnya DIY dan Jawa Tengah. Sampel pada penelitian ini ialah 983 responden dengan teknik pengumpulan data yang dilakukan random sampling. Hasil pada penelitian ini menunjukkan data tingkat kesepian siswa dengan kategori Sangat Tinggi ialah 0,00%, 15,35% dengan kategori Tinggi, 56,75% dengan kategori sedang, 28,12% dengan kategori rendah, dan 1,03% dengan kategori sangat rendah. Pada kelompok usia menunjukkan bahwa usia memiliki perbedaan pada setiap jenjang usia, persentase loneliness pada peserta didik rentan usia 12-17 tahun menunjukkan kategori Tinggi dengan 0,20% pada usia 12 tahun, 3,15% pada usia 13 tahun, 8,34% pada usia 14 tahun, 2,85% pada usia 15 tahun dan 0,41% usia 16 sedangkan 0,20% untuk usia 17 tahun. Dari hasil ini diperlukan penanganan serius yaitu dengan mengoptimalkan layanan BK di sekolah untuk mereduksi kesepian yang dialami peserta didik pada rentan usia 12-16 tahun yaitu pada jenjang SMP/MTs agar tidak memberikan efek yang berkepanjangan.

Page 1 of 2 | Total Record : 15